Syarat dan Ketentuan Pengiriman

1. Barang-barang yang akan dikirim harus di bungkus/paking secara sempurna. Pengepakan yg kurang sempurna yang dapat menimbulkan kerugian menjadi tanggung-jawab dari pihak pengirim sepenuhnya.

2. Pihak pengirim harus bersedia memberitahukan isi kiriman dan perkiraan nilai barang kiriman pada waktu pengirim menyerahkan barang kiriman dan memberikan kuasa kepada pihak perusahaan pengirim untuk memeriksa isi kiriman bila dipandang perlu.

3. Pihak Pengirim atau penerima tidak berkeberatan kalau barang kirimannya dibuka oleh pihak yang berwajib.

4. Pada saat penyerahan barang kiriman kepada perusahaan, pengirim harus membayar biaya pengiriman dengan begitu mendapat bukti pelunasan, pembayaran (Tanda Terima Titipan ini adalah bukti pelunasan untuk pembayaran tunai dan juga sebagai bukti penagihan untuk pembayaran kredit)

5. Pengirim barang penanggung premi asuransi untuk menutup polis asuransi pengiriman barang

6. Dilarang memasukan surat, warkatpos atau uang apa saja kedalam bungkusan yg dikirimkan

7. Dilarang mengirim barang-barang yang mudah meledak, mudah menyala atau terbakar sendiri atau barang apapun yang dapat membahayakan keselamatan umum.

8. Dilarang mengirim barang-barang yang dilarang oleh pemerintah dan melanggar hukum

9. Perusahaan pengiriman bertanggung jawab atas penyampaian barang kiriman ke dalam alamat yang dituju, tetapi bila karena satu dan lain hal barang tersebut ditahan yang berwajib, maka si pemilik sendirilah yang akan menyelesaikan permasalahan tersebut

10. Pihak perusahaan tidak dapat menerima pengiriman logam mulia, perhiasan emas, arloji/jam tangan, wesel, cek, akses dan surat-surat berharga lainnya yang dimasukan didalam bungkusan walaupun barang-barang tersebut diatas diminta untuk asuransikan oleh pihak pengirim.

11.Ganti rugi atas kehilangan barang kiriman merujuk pada ketentuan perundang undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia yang diatur dalam PM 77 tahun 2011 pasal 7 dan 8. (khusus kiriman udara)

A. Ganti rugi bagi barang yg diasuransikan sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi yang dibayar untuk sementara PT. Benua Agra Jaya/BAJ belum menyediakan layanan asuransi, pelanggan harus mendaftarkan asuransi sendiri

B. Lewat dari waktu 1×24 jam pengajuan keluhan terhadap barang yg sudah diterima oleh penerima di kota tujuan (seperti hilang, rusak dan sejenisnya) tidak bisa kami proses, jika laporan keluhan masuk sebelum 1 x24 jam, Pihak pengirim barang sendiri (bukan penerima atau wakilnya) harus mengajukan ganti rugi selambat-lambatnya 1(satu) bulan setelah tanggal kirim yang tertera dalam tanda terima titipan dengan dilengkap bukti-bukti yang sah.

C. Pihak perusahaan tidak memberikan ganti rugi apapun atas akibat keterlambatan yang disebabkan kondisi lalu lintas pengangkutan, perubahan jadwal pesawat dan kapal laut

D. Terhadap membusuknya barang kiriman berupa makanan dan/atau kerugian lainnya yang timbul sebagai akibat sifat barang tersebut, pihak perusahaan pengiriman tidak memberikan ganti rugi.

E. Pihak perusahaan pengiriman tidak memberikan ganti rugi atas barang kiriman yang cacat atau rusak pada pembungkusnya dan barang didalamnya  disebabkan oleh pihak ketiga maupun oleh alat pengangkut dan/atau oleh tenaga manusia,

Karena hal tersebut diluar kemampuan pengawasan Perusahaan atau kerugian tidak langsung lainnya termasuk atas kerusakan akibat force majeure (keadaan memaksa) seperti gempa bumi, bencana alam, aksi huru-hara, banjir, epidemi, perang, kudeta, pemberontakan, kebijakan-kebijakan pemerintah dan sebab lainnya yang terjadi diluar kemampuan Benua Cargo.